Saturday, October 20, 2018

5 Manfaat Bermain Game Online yang Mungkin Tidak Gamers Sadari

5 Manfaat Bermain Game Online yang Mungkin Tidak Gamers Sadari


Zona Finisher - Bermain game online memang sangat menyenangkan dan dapat me-refresh pikiran gamers dari berbagai masalah kehidupan.

Tidak jarang para gamers merasa ketagihan karena berbagai fitur menantang yang disuguhkan oleh game tersebut.

Ternyata, bermain game online dapat memberikan banyak manfaat yang nantinya bisa diterapkan di kehidupan bermasyarakat loh.

Penasaran apa saja manfaat itu? Baca selengkapnya di bawah.

1. Belajar Bahasa Inggris

Kebanyakan game online yang beredar tersedia dalam bahasa Inggris. Artinya, gamers bisa manfaatkan game online sebagai sarana belajar Bahasa Inggris loh.

Apalagi di game online gamers juga dapat berinteraksi dengan gamers lain yang tersebar di seluruh dunia.

Ya, dengan adanya game online, gamers bisa mengasah kecakapan dalam menggunakan Bahasa Inggris-mu sekaligus mempraktekkannya dalam percakapan bersama dengan gamers lain.

2. Belajar Berorganisasi dan Team Work

Dalam game online, terutama yang berbasis MMORPG sering ada fitur seperti Guild, Friends dan Mentorship.

Beberapa organisasi dalam game online tersebut bahkan ada yang menerapkan peraturan penting seperti absen di waktu tertentu, target mingguan sampai iuran bulanan yang harus disumbangkan ke guild.

Terdengar seperti organisasi di dunia nyata bukan? Ya, bermain game online secara tidak langsung bisa gamers manfaatkan untuk belajar berorganisasi sebelum benar-benar terjun di masyarakat.

Bermain game online juga dapat mengasah team work kita. Ketika gamers menjelajahi dungeon dalam sebuah party, tentunya para gamers harus mempunyai kerjasama tim yang kuat agar dapat menyelesaikan misi.

Contohnya, dalam tim tersebut harus ada yang berperan sebagai tanker, support, healer dan sebagainya.

Setiap gamers harus memahami peran masing-masing dan menyumbangkan kemampuannya agar tidak merugikan anggota tim yang lain.

3. Belajar Sabar dan Pantang Menyerah

Game online biasanya didesain untuk dimainkan secara berulang-ulang, dan tidak jarang juga karakter yang kita mainkan harus mengulang quest yang sama berulang kali.

Belum lagi, ketika gamers tertimpa sial sehingga item atau senjata yang sudah di upgrade sampai level tinggi hancur dalam sebuah misi.

Mau tidak mau, dalam bermain game online para gamers memang diajari untuk bersabar dan pantang menyerah demi menamatkan game yang ia mainkan.

4. Belajar Mengatur Keuangan

Dalam game online, gamers akan mendapatkan uang yang nantinya bisa digunakan untuk membeli item atau senjata tertentu. Hal tersebut bisa melatihmu dalam mengatur keuangan yang kamu miliki.

Misalnya, apakah gamers lebih memilih membeli item di toko item ataukah kamu lebih memilih mendapatkan item dari misi.

Jika membeli di toko item, tentu uang yang gamers dapatkan dalam game akan berkurang, dan jika dengan menyelesaikan misi kamu juga harus mempertimbangkan kuota internet, listrik dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, dalam game online gamers juga diajari untuk membeli item yang diperlukan saja.

Sedangkan item yang gamers dapatkan dari misi dan tidak terlalu diperlukan, biasanya akan dijual atau ditukarkan dengan item lain yang lebih gamers perlukan.

5. Belajar Mengatur Strategi Terbaik

Bermain game online tidak bisa hanya bermodal keberuntungan saja. Untuk menyelesaikan suatu misi, gamers harus mengatur strategi terbaik agar meminimalisir penggunaan item penting dan menjaga kesehatan karakter yang kamu mainkan.

Gamers juga perlu menyusun strategi agar waktu yang kamu gunakan dalam bermain game bisa sesuai dengan hasil yang gamers dapatkan.

Apalagi jika gamers sudah bergabung dengan suatu Guild, tentu akan memerlukan banyak strategi baru yang secara tidak langsung akan melatih dalam berpikir kritis dan taktis di kehidupan nyata.

Itulah beberapa 5 manfaat bermain game online yang bisa kami bagikan untuk kalian semua. Meskipun memiliki banyak manfaatnya, namun kalian para gamers tetap tidak boleh terlalu aktif dalam bermain game online.

Sumber Informasi Dari : http://zonafinisher.com

No comments:

Post a Comment